Banyaknya Bahaya Alkohol Bagi Kesehatan yang Dapat Merusak Organ Dalam Tubuh

Alkohol merupakan salah satu jenis minuman yang dilarang dikonsumsi, selalin memang dapat menyebabkan kehilangan kendali, terlalu banyak mengkonsumsi alkohol juga dapat mengakibtkan kesehatan tubuh kita semakin menurun, serta dapat membuat organ dalam tubuh seperti hati, jantung dll dapat rusak dan mengalami penurunan dalam fungsinya.

Banyaknya Bahaya Alkohol Bagi Kesehatan yang Dapat Merusak Organ Dalam Tubuh


Berikut ini adalah beberapa penyakit yang mungkin akan muncul jika Anda terlalu banyak atau sering mengkonsumsi alkohol :

Kerusakan Hati
Ketika mengkonsumsi alkohol, aliran darah akan menyerap alkohol yang kemudian terkumpul untuk dipecahkan serta dinetralkan supaya bisa dibuang dari tubuh. Akan tetapi, hati memiliki kemampuan yang cukup terbatas dalam memproses alkohol. Sehingga, apabila kadar alkohol yang dikonsumsi lebih banyak dari yang dapat diolah oleh hati, maka dapat mengakibatkan meningkatnya kadar alkohol dalam darah. Apabila kondisi ini terjadi secara terus menerus, maka dapat mengakibatkan terjadinya gangguan pada organ hati, seperti hepatitis, sirosis, perlemakan hati, bahkan dapat menimbulkan kanker hati.

Gangguan pada jantung dan pembuluh darah
Risiko terkena penyakit jantung dan stroke akan menjadi lebih besar apabila Anda terlalu sering atau banyak mengkonsumsi alkohol. Selain itu, kadar alkohol dalam tubuh yang terlalu banyak juga dapat mengakibtkan detak jantung menjadi lebih cepat (mengalami gangguan), tekanan darah menjadi semakin meningkat, serta mengakibatkan pembesaran jantung.

Menjadi lebih rentan terkena pankreatitis
Risiko terkena pankreatisis akan meningkat apabila Anda terlalu sering mengkonsumsi alkohol dengan takaran yang cukup banyak. Pada dasarnya Pankreas memiliki peranan dalam dalam memproduksi enzim dan hormon yang berguna untuk membantu proses pencernaan. Akan tetapi, apabila kadar alkohol sudah terlalu banyak dapat mengakibatkan pankreas memproduksi zat beracun yang membuat seseorang mengalami pankreatitis atau radang pankreas.

Kerusakan ginjal
Efek diuretik pada alkohol dapat meningkatkan jumlah urine yang diproduksi tubuh. Akibatnya, ginjal kesulitan untuk mengatur aliran urin dan cairan tubuh termasuk distribusi ion natrium, kalium, dan klorida ke seluruh tubuh. Kondisi ini bisa mengganggu keseimbangan elektrolit di dalam tubuh yang menyebabkan Anda mengalami dehidrasi.

Mengalami masalah pada sistem pencernaan
Kerusakan pada saluran pencernaan kemungkinan akan terjadi apabila anda terlalu sering mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang sangat banyak. Apabila saluran cerna Anda rusak, maka nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat terserap dengan sempurna, sehingga tubuh Anda menjadi lebih rentan mengalami kekurangan nutrisi.

Selain itu, mengkonsumsi alkohol secara berlebihan juga dapat mengakibatkan lambung mengalami luka bahkan dapat menyebabkan kanker pada salura cernanya.

Gangguan otak dan saraf
Terlalu banyak mengkonsumsi alkojuga dapat mengakibatkan terjadinya gangguan pada saraf di otak. Menurut penelitian, terlalu sering mengkonsumsi alkohol dengan jumlah yang banyak dapat mengakibatkan otak mengalami penyusutan atau mengecil. Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi alkohol juga dapat mengakibatkan daya pikir serta daya ingat menjadi semakin melemah, serta refleks dan koordinasi gerakan tubuh menjadi terganggu.

Risiko terkena kanker menjadi semakin meningkat
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa alkohol memiliki sifat karsinogen yang dapat merusak sel-sel di tubuh serta memicu munculnya sel-sel kanker di tubuh. Itulah sebabnya mengapa risiko terkena kanker menjadi semakin meningkat apabila Anda terlalu sering mengkonsumsi alkohol.

Itulah sebabnya, mengapa alkohol sangat dilarang sekali untuk dikonsumsi. Karena selain dapat membahayakan seseorang saat mengemudi, terlalu banyak mengkonsumsi alkohol juga dapat merusak organ tubuh Anda dan mengganggu kesehatan Anda.

Banyaknya Bahaya Alkohol Bagi Kesehatan yang Dapat Merusak Organ Dalam Tubuh

0 Response to "Banyaknya Bahaya Alkohol Bagi Kesehatan yang Dapat Merusak Organ Dalam Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel