7 Penyebab Nyeri Perut Sebelah Kiri Hingga ke Punggung

Hampir semua orang pernah mengalami yang namanya sakit perut. Sakit perut merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan munculnya rasa nyeri diantara bagian dada serta panggul. Penderita sakit perut bisa merasakan sensasi kram, pegal, dan tertusuk di area perut.

Umumnya, nyeri perut tidak memiliki penyebab yang serius, akan tetapi terdapat beberapa kasus sakit perut yang menjadi gejala dari adanya penyakit lain yang cukup serius dan berbahaya, salah satunya rasa nyeri perut dibagian kiri yang tembus hingga ke punggung.

Nyeri perut sebelah kiri hingga tembus ke punggung merupakan suatu keluhan yang membuat aktifitas seseorang menjadi sangat terganggu, karena rasa sakit yang tak tertahankan tersebut. Banyak hal yang dapat menjadi penyebab munculnya gejala seperti itu. Nah, pada pembahasan kali ini, kami akan berbagi 7 Penyebab Nyeri Perut Sebelah Kiri Hingga ke Punggung yang perlu untuk diketahui.

7 Penyebab Nyeri Perut Sebelah Kiri Hingga ke Punggung


Banyak beragam hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami nyeri perut sebelah kiri yang tembus hingga ke punggung, beberapa diantaranya seperti maag, dispepsia, batu kandung kemih, infeksi saluran kemih, serta masih banyak yang lainnya lagi.

Berikut Ini Beberapa diantaranya, yaitu :

1. Dispepsia
Dispepsia merupakan kumpulan gejala yang muncul dan dapat menimbulkan ketidaknyaman pada perut bagian atas. Dispepsia biasanya disertai dengan rasa kembung, tidak enak pada perut, mual, muntah, lemas ataupun nyeri kepala. Dispepsia dapat terjadi pada setiap orang.

2. Tukak lambung
Tukak lambung (ulkus peptikum, peptic ulcer) adalah luka yang muncul pada dinding lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung. Luka ini juga berpotensi muncul pada dinding bagian pertama usus kecil (duodenum) serta kerongkongan (esofagus). Gejala dari tukak lambung di antaranya nyeri pada ulu hati disertai dengan mual, muntah, demam, lemas badan.

3. Asam Lambung / GERD
Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan kondisi dimana asam lambung naik ke atas menuju kerongkongan sehingga menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan di atas lambung. GERD biasanya ditandai dengan rasa panas atau sensasi terbakar di dada, nyeri pada ulu hati disertai dengan mual dan muntah.

4. Gangguan pada pankreas
Pankreas merupakan salah satu organ di dalam sistem pencernaan manusia. Secara umum, fungsi pankreas dalam tubuh adalah memproduksi hormon dan enzim untuk menghancurkan makanan di dalam perut.

Gangguan seperti peradangan pada pankreas dapat menyebabkan timbulnya gejala nyeri ulu hati disertai dengan nyeri pada perut sebelah kiri atas dan punggung sebelah kiri.

5. Batu saluran kemih
Batu saluran kemih biasanya memberikan gejala nyeri pada bagian pinggang sampai perut yang hilang timbul, gejala dapat disertai dengan demam jika sudah terjadi infeksi akibat penyumbatan oleh batu dan jika penyumbatan total terjadi maka nyeri yang ditimbulkan bersifat menetap. Batu saluran kemih juga memberikan gejala seperti tidak lancarnya buang air kecil pada seseorang akibat penyumbatan pada saluran kemih.

6. Infeksi saluran kemih
Infeksi saluran kemih (ISK) adalah kondisi ketika organ yang termasuk dalam sistem kemih, yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra, mengalami infeksi. Umumnya, ISK terjadi pada kandung kemih dan uretra.

Selain mengakibatkan rasa nyeri pada perut yang tak tertahankan, gejala lainnya yang mungkin terjadi pada penderita infeksi saluran kemih diantaranya yaitu demam ringan, nyeri pada perut bagian bawah, rasa ingin terus buang air kecil dan tidak dapat menahan buang air kecil.

7. Infeksi saluran cerna 
Pada infeksi saluran cerna seperti kolitis (peradangan pada usus) atau enteritis akut (diare) biasanya dapat memberikan gejala nyeri pada bagian perut disertai dengan keluhan buang air besar.

Pada wanita, nyeri perut terutama jika terjadi pada bagian bawah dapat disebabkan karena adanya gangguan organ reproduksi seperti :

  • Peradangan pada panggul
  • Kehamilan
  • Endometriosis (Peradangan pada dinding dalam rahim)

Alangkah baiknya untuk melakukan pemeriksaan ke dokter guna memastikan kondisi Apa yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada perut Anda. Sehingga bisa mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat. Sehingga dapat lebih cepat dalam proses penyembuhannya.

7 Penyebab Nyeri Perut Sebelah Kiri Hingga ke Punggung

0 Response to "7 Penyebab Nyeri Perut Sebelah Kiri Hingga ke Punggung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel