4 Gejala Stroke Ringan dan Cara Pencegahannya yang Mudah Dilakukan

Walaupun stroke ringan memiliki gejala yang hanya muncul beberapa menit saja serta tidak mengakibatkan kerusakan, akan tetapi Anda perlu untuk selalu mewaspadainya, karena kondisi ini bisa menjadi pengingat untuk Anda. Sekitar 1 dari 3 orang yang pernah mengalami gejala stroke ringan dapat mengalami stroke dan sekitar setengahnya terjadi dalam kurun waktu sekitar satu tahun.


Stroke ringan atau dalam bahasa medisnya disebut dengan Transient Ischaemic Attack (TIA) merupakan suatu kondisi yang memiliki pengertian yang sama dengan stroke, yaitu disebabkan karena aliran darah menuju otak mengalami hambatan.

Stroke ringan terjadi karena adanya endapan kolesterol yang mengandung lemak, dikenal dengan istilah plak (aterosklerosi), di dalam arteri yang menghantarkan oksigen dan nutrisi ke otak.

Terdapat beberapa faktor yang dapat mengakibatkan meningkatnya risiko seseorang mengalami gejala stroke ringan, beberapa diantaranya seperti faktor keturunan, berusia di atas 55 tahun, jenis kelamin laki-laki, dan penyakit anemia sel sabit atau  Sickle cell.

4 Gejala Stroke Ringan dan Cara Pencegahannya yang Mudah Dilakukan

Gejala Stroke Ringan
Terdapat beberapa gejala stroke ringan yang tentunya perlu untuk Anda ketahui, supaya dapat mengatasi kondisi tersebut sedari dini, sehingga lebih cepat dalam proses penyembuhannya. Beberapa gejala tersebut diantaranya yaitu :
  • Mengalami kelumpuhan pada salah satu sisi tubuh seperti wajah, lengan, atau kaki.
  • Cara berbicara menjadi kacau, cadel dan tidak jelas, serta kesulitan memahami kata-kata orang lain.
  • Akan mengalami pandangan yang kabur, bahkan kebutaan pada salah satu atau kedua mata.
  • Pusing serta kehilangan keseimbangan.
Segera lakukan pemeriksaan ke dokter apabila Anda mengalami beberapa gejala seperti di atas, supaya bisa mendapatkan penanganan dan perawatan yang tepat, sehingga kondisi stroke ringan tidak berujung menjadi penyakit stroke.

Cara Mencegah Stroke Ringan
Banyak beragam cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah gejala kondisi stroke ringan kambuh kembali, serta mencegah penyakit stroke menyerang Anda. Beberapa diantaranya yaitu :

  • Menurunkan tekanan darah tinggi hingga kebatas normal
  • Apabila Anda memiliki berat badan berlebih atua Obesitas, Alangkah baiknya untuk menurunkan berat badan Anda.
  • Berolahraga secara teratur
  • Menjaga agar kadar gula darah supaya tetap berada di angka normal
  • Berhenti merokok, ini Adalah salah satu hal yang penting dan perlu untuk Anda laksanakan, karena Merokok dapat membuat darah Anda mengental dan meningkatkan jumlah penumpukan plak di arteri.
Saat mengalami gejala stroke ringan Anda dapat menerapkan sistem FAST agar bisa mengetahui gejala dan  bertindak cepat dalam melakukan pertolongan. Sistem tersebut terdiri dari ada tidaknya Face di mana salah satu sisi wajah Anda turun; Arms ketika Anda mengangkat kedua tangan yang satu akan turun kembali dengan sendirinya; Speech suara terdengar cadel; dan Time di mana Anda harus segera mencari bantuan.

4 Gejala Stroke Ringan dan Cara Pencegahannya yang Mudah Dilakukan

0 Response to "4 Gejala Stroke Ringan dan Cara Pencegahannya yang Mudah Dilakukan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel