4 Jenis Pengobatan Medis untuk Menghilangkan Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis adalah pembentukan materi keras menyerupai batu yang berasal dari mineral dan garam di dalam ginjal. Batu ginjal dapat terjadi di sepanjang saluran urine, dari ginjal, ureter (saluran kemih membawa urine dari ginjal menuju kandung kemih), kandung kemih, serta uretra (saluran kemih yang membawa urine ke luar tubuh).


Jangan pernah anda menganggap sepele kondisi batu ginjal, walaupun ukurannya dapat tergolong cukup kecil. Karena apabila kondisi ini dibiarkan begitu saja tanpa adanya penanganan yang tepat, dapat mengakibatkan batu ginjal tersebut semakin membesar dan menimbulkan berbagai gejala yang sangat mengganggu sekali, dan membuat penderitanya mengalami kesulitan saat akan melakukan aktifitas.

Berikut ini Adalah Beberapa Gejala yang mungkin akan timbul akibat penyakit batu ginjal :

  • Nyeri pada punggung bagian bawah dan terkadang terasa hingga pangkal paha. Sedangkan pada pria, nyeri juga dirasakan hingga testis dan skrotum. Rasa nyeri tersebut bisa bertahan selama beberapa menit atau beberapa jam. . Saat batu ginjal berpindah ke lokasi lain dalam saluran kemih, rasa nyeri dapat meningkat.
  • Meningkatnya frekuensi ingin buang air kecil
  • Nyeri saat buang air kecil (disuria)
  • Buang air kecil dalam jumlah sedikit
  • Urine berwana merah muda, merah, atau cokelat
  • Mual dan muntah.
  • Merasa gelisah.
  • Demam atau menggigil, jika terjadi infeksi.

Pengobatan Batu Ginjal
Biasanya, untuk pengobatan batu ginjal dengan ukuran kecil yang diameternya kurang dari 4mm, dapat dilakukan dengan cara banyak mengonsumsi air putih untuk membantu mengeluarkan batu ginjal tersebut melalui urine serta mengonsumsi obat pereda rasa nyeri, karena biasanya batu ginjal yang keluar lewat urine ini akan menimbulkan rasa nyeri ataupun tidak nyaman.

Untuk pengobatan batu ginjal dengan ukuran yang cukup besar atau diameternya melebihi 6mm, yang sulit keluar atau menimbulkan perdarahan, kerusakan ginjal, serta infeksi saluran kemih, biasanya dokter akan menyarankan beberapa jenis pengobatan dibawah ini.

4 Jenis Pengobatan Medis untuk Menghilangkan Batu Ginjal


1. Extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL). Dokter urologi akan mengarahkan alat ESWL yang memancarkan gelombang suara berfrekuensi tinggi ke posisi batu ginjal untuk memecahkan batu tersebut sehingga menjadi bagian yang lebih kecil dan mudah dikeluarkan melalui urine.

2. Ureteroskopi. Prosedur ini dilakukan untuk memindahkan batu kecil yang berada pada ureter atau ginjal dengan alat ureteroskop. Alat berupa selang yang dilengkapi kamera ini dimasukkan ke dalam ureter tempat lokasi batu berada, untuk memecahkannya menjadi lebih kecil sehingga mudah dikeluarkan melalui urine.

3. Percutaneous nephrolithotomy. Prosedur dengan menggunakan alat nefroskop ini dilakukan untuk batu yang lebih besar dengan diameter sekitar 2-3 cm, dan tidak bisa teratasi dengan metode ESWL Selain itu, prosedur ini juga dilakukan jika terjadi hambatan atau infeksi yang merusak ginjal, atau rasa nyeri yang parah dan tidak bisa diatasi dengan obat. Nefroskop akan dimasukkan ke dalam ginjal melalui kulit luar. Setelah itu, batu ginjal dapat ditarik keluar atau dipecahkan menjadi bagian kecil dengan energi laser.

4. Bedah terbuka. Bedah terbuka merupakan prosedur yang jarang dilakukan, dan biasanya untuk batu ginjal yang berukuran sangat besar atau memiliki bentuk yang tidak normal.

Operasi lain untuk mengatasi penyebabnya juga dapat dilakukan, misalnya untuk batu ginjal disebabkan oleh kelenjar paratiroid yang terlalu aktif, dokter dapat menyarankan untuk pengangkatan kelenjar paratiroid.

sumber : https://www.alodokter.com/batu-ginjal/

Itulah informasi mengenai 4 Jenis Pengobatan Medis untuk Menghilangkan Batu Ginjal yang dapat Anda coba untuk mengobati batu ginjal yang saat ini sedang diderita.

Selain pengobatan medis, terdapat pula beberapa tanaman yang dapat membantu Anda dalam menyembuhkan batu ginjal, serta obat herbal yang sudah terbukti sangat bagus sekali untuk pengobatan batu ginjal.

0 Response to "4 Jenis Pengobatan Medis untuk Menghilangkan Batu Ginjal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel